Apakah Anda pernah diamuk oleh pelanggan yang murka? Jika ya, maka
bersyukurlah karena apapun bentuk dan jenis, komplain atau keluhan yang
disampaikan oleh pelanggan semuanya itu menunjukkan bahwa mereka
memiliki “Buying Signal”
Apa itu Buying Signal? Ya kondisi
tersebut dimana pelanggan sudah mulai “kesengsem” atau dengan kata lain
mereka telah mempunyai “hasrat dan minat” terlibat dengan produk atau
jasa yang kita tawarkan.
Anda tidak perlu gentar, yang harus kita lakukan adalah bagaimana
menyulap keluhan tersebut menjadi peluang untuk mendapatkan penjualan.
Karena hanya jika kita mantap dan berhasil mengelola keluhan tersebut
dengan tepat, cerdas, dan tangkas maka bersiaplah dengan dampak positif
yang akan kita dapatkan.
Dampak positif tersebut di antaranya adalah:
1. Build relationship
Membangun hubungan baik terutama pelanggan baru, prospek dan pelanggan potensial.
2. Maintain relationship
Menjaga dan merawat hubungan baik yang telah terjalin khususnya untuk pelanggan yang sudah berinteraksi dengan produk dan jasa.
3. Improve corporate image and reputation
Dua hal di atas terjadi secara bersamaan akan bersinergi memperbaiki citra perusahaan, dan memoles reputasi dan kredibilitas korporasi.
4. Customer experience
Meningkatkan pengalaman positif yang mengesankan oleh pelanggan yang dengan pengalaman tersebut mereka merasakan kepuasan paripurna.
5. Reduce customer complaint
Secara rasional semakin banyak pelanggan yang puas dan memiliki pengalaman yang baik, maka otomatis menurunkan jumlah pelanggan yang menyampaikan keluhan.
6. Customer Works for you
Jika demikian adanya yaitu semakin sedikit pelanggan yang complaint, dan sebaliknya semakin banyak pelanggan yang happy, dampak berikutnya pelanggan secara sukarela akan bekerja untuk produk dan jasa kita.
7. Increase revenue and increase the profit
Semakin banyak pelanggan yang bekerja untuk kita, artinya semakin besar pula volume penjualan yang terjadi, sehingga meningkatkan penghasilan dan keuntungan korporasi.
8. Growing company
Tidak ada korporasi yang menginginkan kondisi semakin menciut, mereka para pendiri, pemilik saham menginginkan korporasi tumbuh berkembang ke tingkat yang paling tinggi dan besar, dan ini hanya terjadi jika korprasi secara meyakinkan mampu mencetak laba yang signifikan yang dihasilkan oleh penjualan dan penghasilan yang tinggi dan berkelanjutan.
9. Winning the competition
Jika korporasi mampu tumbuh menjadi besar secara berkelanjutan dan mantap beriringan dengan meningkatnya reputasi dan kredibilitas korporasi, sungguh meyakinkan korporasi tersebut akan memenangkan persaingan.
10. Best choice employeer
Last but not least ketika sebuah koorporasi dikenal publik sebagai perusahaan besar yang bagus, yang tumbuh, yang tangguh dan memiliki reputasi, citra dan kredibilitas yang hebat.
Dampak positif tersebut di antaranya adalah:
1. Build relationship
Membangun hubungan baik terutama pelanggan baru, prospek dan pelanggan potensial.
2. Maintain relationship
Menjaga dan merawat hubungan baik yang telah terjalin khususnya untuk pelanggan yang sudah berinteraksi dengan produk dan jasa.
3. Improve corporate image and reputation
Dua hal di atas terjadi secara bersamaan akan bersinergi memperbaiki citra perusahaan, dan memoles reputasi dan kredibilitas korporasi.
4. Customer experience
Meningkatkan pengalaman positif yang mengesankan oleh pelanggan yang dengan pengalaman tersebut mereka merasakan kepuasan paripurna.
5. Reduce customer complaint
Secara rasional semakin banyak pelanggan yang puas dan memiliki pengalaman yang baik, maka otomatis menurunkan jumlah pelanggan yang menyampaikan keluhan.
6. Customer Works for you
Jika demikian adanya yaitu semakin sedikit pelanggan yang complaint, dan sebaliknya semakin banyak pelanggan yang happy, dampak berikutnya pelanggan secara sukarela akan bekerja untuk produk dan jasa kita.
7. Increase revenue and increase the profit
Semakin banyak pelanggan yang bekerja untuk kita, artinya semakin besar pula volume penjualan yang terjadi, sehingga meningkatkan penghasilan dan keuntungan korporasi.
8. Growing company
Tidak ada korporasi yang menginginkan kondisi semakin menciut, mereka para pendiri, pemilik saham menginginkan korporasi tumbuh berkembang ke tingkat yang paling tinggi dan besar, dan ini hanya terjadi jika korprasi secara meyakinkan mampu mencetak laba yang signifikan yang dihasilkan oleh penjualan dan penghasilan yang tinggi dan berkelanjutan.
9. Winning the competition
Jika korporasi mampu tumbuh menjadi besar secara berkelanjutan dan mantap beriringan dengan meningkatnya reputasi dan kredibilitas korporasi, sungguh meyakinkan korporasi tersebut akan memenangkan persaingan.
10. Best choice employeer
Last but not least ketika sebuah koorporasi dikenal publik sebagai perusahaan besar yang bagus, yang tumbuh, yang tangguh dan memiliki reputasi, citra dan kredibilitas yang hebat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar