Secara umum, tujuan didirikannya perusahaan bisnis adalah untuk
mendapatkan keuntungan. Dan satu-satunya sumber keuntungan tersebut
adalah pelanggan. Semua kegiatan penjualan, produksi, dan pemasaran
memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menarik minat pelanggan agar
membeli produk dan jasa mereka dalam rangka untuk membawa keuntungan
perusahaan.
Beberapa perusahaan gagal untuk mengambil waktu untuk mengenal pelanggan mereka dan berhubungan dengan mereka.
1. Memahami kebutuhan pelanggan
Pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar. Mereka mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan mereka untuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran. Rahasia bisnis yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari perusahaan Anda. Sebuah cara yang efektif untuk melakukan ini adalah untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan memahami kebutuhan pelanggan.
Pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar. Mereka mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan mereka untuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran. Rahasia bisnis yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari perusahaan Anda. Sebuah cara yang efektif untuk melakukan ini adalah untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan memahami kebutuhan pelanggan.
2. Hubungan Pelanggan
Unsur yang paling penting dalam bisnis adalah konsep hubungan pelanggan. Dalam pendekatan ini, cara terbaik yang harus digunakan adalah komunikasi dua arah. Tujuan dari hubungan pelanggan adalah untuk membuat pelanggan merasa dihargai, mengidentifikasi kemungkinan masalah dan untuk mengetahui kebutuhan yang muncul yang mungkin berguna dalam melayani pengembangan produk masa depan.
Unsur yang paling penting dalam bisnis adalah konsep hubungan pelanggan. Dalam pendekatan ini, cara terbaik yang harus digunakan adalah komunikasi dua arah. Tujuan dari hubungan pelanggan adalah untuk membuat pelanggan merasa dihargai, mengidentifikasi kemungkinan masalah dan untuk mengetahui kebutuhan yang muncul yang mungkin berguna dalam melayani pengembangan produk masa depan.
Ketika berhadapan dengan
pelanggan, Anda perlu untuk memulai pembicaraan dan mendorong
interaksi. Tanyakan kepada mereka pertanyaan – pertanyaan untuk
mengetahui apakah mereka puas dengan produk atau jika ada masalah yang
mereka alami. Mereka mungkin juga menawarkan saran untuk membuat bisnis
Anda lebih baik.
Komentar pelanggan harus didengarkan,
diperhatikan, dan ditindaklanjuti. Pelanggan yang mengeluh tentang
produk atau jasa hanya berarti bahwa mereka khawatir tentang cara Anda
melakukan bisnis dan mereka ingin Anda untuk memperbaikinya. Selalu
terbuka dengan keluhan pelanggan merupakan tantangan bagi perusahaan
untuk tumbuh dan meningkatkan kearah yang positif.
3. Penelitian pelanggan
Memahami kebutuhan pelanggan dengan melakukan analisis perilaku konsumen akan membantu perusahaan mendefinisikan dan menciptakan peluang pasar baru yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi untuk pertumbuhan pendapatan dalam organisasi. Dengan perkembangan ekonomi yang berubah dengan cepat dan teknologi yang dinamis, pelanggan juga mengamati perubahan yang cepat dalam selera pribadi dan preferensi.
Memahami kebutuhan pelanggan dengan melakukan analisis perilaku konsumen akan membantu perusahaan mendefinisikan dan menciptakan peluang pasar baru yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi untuk pertumbuhan pendapatan dalam organisasi. Dengan perkembangan ekonomi yang berubah dengan cepat dan teknologi yang dinamis, pelanggan juga mengamati perubahan yang cepat dalam selera pribadi dan preferensi.
Tidak seperti masa lalu, pelanggan semakin sulit untuk diprediksi
karena sifat mereka yang sangat dinamis saat ini. Jadi, perusahaan harus
melakukan riset pasar secara regular dengan data dan informasi
berdasarkan perkembangan tren terbaru. Dengan penelitian, bisnis Anda
akan mampu menghasilkan strategi pemasaran yang baru dan mendapatkan
berbagai informasi penting yang dapat mendorong kemajuan.
Pada
dasarnya, kedua jenis penelitian pelanggan bersifat kualitatif dan
kuantitatif. Penelitian kualitatif ini dilakukan melalui proses
mendalami individu atau diskusi kelompok dengan pelanggan. Penelitian
kuantitatif didasarkan pada penggunaan pertanyaan standar atau kuesioner
survei di mana hasil yang dihasilkan mudah dipelajari atau dianalisis.
Penelitian pelanggan tidak hanya ditujukan untuk pelanggan yang sudah
ada, tetapi juga mencakup target pasar potensial.
4. Berbisnis dengan pelanggan
Jika pelanggan Anda merasa mudah untuk melakukan bisnis dengan perusahaan Anda, maka mereka akan merasa bahwa Anda tahu apa yang pelanggan Anda butuhkan dan harapkan dari Anda sebagai penyedia layanan dan produk mereka. Sebagai penyedia layanan handal, staff pada perusahaan Anda harus memiliki pengetahuan tentang produk dan jasa yang ditawarkan, serta knowledge management. Pelanggan berharap untuk berinteraksi dengan orang-orang bisnis yang tahu apa yang mereka lakukan dan produk atau layanan yang mereka promosikan. Pastikan bahwa seluruh staff perusahaan Anda terlatih dan dilengkapi dengan pengetahuan produk yang dibutuhkan sehingga mereka dapat dengan cepat merespon permintaan pelanggan.
Jika pelanggan Anda merasa mudah untuk melakukan bisnis dengan perusahaan Anda, maka mereka akan merasa bahwa Anda tahu apa yang pelanggan Anda butuhkan dan harapkan dari Anda sebagai penyedia layanan dan produk mereka. Sebagai penyedia layanan handal, staff pada perusahaan Anda harus memiliki pengetahuan tentang produk dan jasa yang ditawarkan, serta knowledge management. Pelanggan berharap untuk berinteraksi dengan orang-orang bisnis yang tahu apa yang mereka lakukan dan produk atau layanan yang mereka promosikan. Pastikan bahwa seluruh staff perusahaan Anda terlatih dan dilengkapi dengan pengetahuan produk yang dibutuhkan sehingga mereka dapat dengan cepat merespon permintaan pelanggan.
Pelanggan menghargai sebuah perusahaan yang menawarkan
mereka pilihan dan alternatif, terutama ketika perwakilan perusahaan
membuat mereka merasa dihargai dan diutamakan, sehingga membuat
pelanggan merasa penting dengan perlakuan khusus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar